HAPPY LOUNDRY
Disusun oleh:
1.
Afi Rohmina
2.
Kansha Clarita
3.
Dane Dea
4.
Regina Mesayu
5.
Tari Atsiilah
2016
Daftar Isi
BAB
I Pendahuluan ............................................................................................. 3
E-Business ............................................................................................ 3
E-Commerce ............................................................................................ 5
BAB
II ISI ............................................................................................. 8
BAB
III Penutup ............................................................................................. 11
BAB
I
PENDAHULUAN
E-BUSINESS
Pengertian E-Business
E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh produsen ke konsumen dengan memanfaatkan teknologi seperti komputer.
Kelebihan E-Business
1. Biaya operasionalnya rendah
2. Akses lebih mudah
3. Jangkauan kepada konsumen lebih lebar
4. Menghemat waktu
5. Memperluas pasar
6. Meningkatkan loyalitas dengan konsumen
7. Tepat sasaran
Kekurangan E-Business
1. Tidak ada pertemuan langsung dengan konsumen
2. Resiko penipuan lebih besar
3. Adanya kerugian yang tidak terduga
Jenis – jenis E-Business
1. Business
to business
Adalah hubungan dagang antara pelaku usaha bisnis yang satu dengan yang
lainnya
2. Business
to consumer adalah hubungan dagang antara pelaku usaha bisnis dengan consumer
3. Consumer
to consumer
Adalah hubungan dagang yang dilakukan antar konsumen
4. Consumer
to business
Adalah hubungan dagang yang dilakukan oleh konsumen dengan pelaku bisnis
5. Intrabusiness
to business
Adalah hubungan dagang yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi dengan ruang lingkup intranet
Peranan E-Business
1. Untuk memudahkan cara berkomunikasi. Salah
satu contohnyas eperti e-mail
2. Memberikan pengetahuan dan sumber informasi, artinya semakin banyak informasi yang
didapatkan semakin luas pengetahuan yang
otomatis bisnis
pun akan lebih berkembang
3. Manajemen
data, adanya arsip dan dokumen yang disimpan oleh perusahaan yang dapat diakses oleh karyawan
4. Sistem informasi manajemen, digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan laba atas investasi
5. Customer
Relationship Management, merupakan interaksi yang dilakukan perusahaan terhadap pelanggan dan interaksi tersebut disimpan dalam CRM
6. Aktivitas bisnis
yang dilakukan 24 jam
E-COMMERCE
Pengertian E-Commerce
E-Commerce
adalah kegiatan dagang yang dilakukan produsen ke konsumen seperti penjualan, pembelian,
dan pemasaran
yang dilakukan secara elektronik.
Kelebihan E-Commerce
1. Biaya
yang dikeluarkan rendah
2. Mencari produk lebih cepat
3. Menghemat waktu dan biaya perjalanan
4. Melewati batasan geografis ( seluruh dunia )
5. Informasi
yang disediakan lebih banyak
6. Adanya
promo menarik seperti kupon diskon, ongkos kirim gratis, dan lainnya
7. Adanya
testimonial dari konsumen
yang membeli produk tersebut
Kekurangan E-Commerce
1. Penjelasan produk kurang
2. Tampilan produk terkadang tidak sesuai saat produk diterima
3. Terkadang,
adanya barang palsu yang dijual kepada konsumen
4. Mudah terjadinya penipuan
5. Transaksi
yang kurang aman
6. Pengiriman barang yang tidak tepat waktu
Jenis – jenis E-Commerce
1. Collaborative
Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerjasama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2.
Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembelian adalah individu.
3.
Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang
dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4.
Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness
(Intraorganizational) Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce
untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee
(B2E).
6.
Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi E-Commerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain
(Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain
(Government-to-Business / G2B).
7. Mobile
Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless
environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
Peranan E-Commerce
1. Untuk memudahkan dalam perdagangan terlebih jika perdagangan internasional
2. Agar
menggunakan teknologi yang ada untuk system jual-beli baranng
BAB
II
ISI
Latar Belakang
Happy
Laundry merupakan jalur bisnis di bidang jasayaitu laundry
dengan konsep
yang memberikan pelayanan cuci dan setrika per kilogram dimana sekarang ini sangat berkembang pesat.Target utama dari usaha yang kami jalani ini adalah mahasiswa. Happy
Laundry dibuka pada 26 Februari 2016
di Jalan Sukapura daerah Telkom
University. Kami
menyediakan jenis paketan yang bias dipilih oleh konsumen dengan harga yang berbeda. Dan kami juga menyediakan aplikasi untuk memudahkan konsumen dengan fasilitas antar-jemput yang
dipesan melalui aplikasi tersebut.
Penjelasan Aplikasi
1. Home
Pada
menu home kami memberikan berita-berita terbaru mengenai bisnis kami
2. About
Pada
menu about kami menjelaskan tentang latar belakang usaha yang kami jalani
3. Promo
Pada
menu promo kami memberikan penawaran
yang kami sediakan
4. Pemesanan
Pada
menu pemesanan kami menjelaskan tentang cara pemesanan secara online kepada konsumen
5. Profil
Pada
menu profil terdapat profil dari pemilik akun yang sudah terdaftar sebagai anggota dari Happy
Laundry. Jika belum memiliki akun maka harus mendaftar terlebih dahulu
6. Kontak
Pada
menu kontak kami memberikan alamat,
nomor telepon dari pihak kami dengan tujuan agar konsumen dapat memberikan kritikdan saran dari usaha kami
Cara
menjadi anggota
1. Klik
menu profil di bagian menu utama
2. Kemudian,
klik “mendaftar” jika belum menjadi anggota dan jika sudah menjadi anggota klik “masuk”
3. Setelah klik mendaftar, akan tertera beberapa informasi yang kami
perlukan seperti mengisi data diri (
nama, alamat, no telepon, dan sebagainya
)
4. Setelah selesai pengguna sudah terdaftar sebagai anggota
Cara
masuk
1. Klik
menu profil pada bagian menu utama
2. Kemudian,
klik profil dan klik “masuk”
3. Masukan username dan password pada awal pendaftaran (
registrasi )
4. Klik masuk
Cara Pemesanan
1. Pengguna aplikasi masuk ke akun aplikasi
2. Jika ingin melakukan pemesanan jasa kami, klik tombol pemesanan
3. Setelah itu, mucul layar untuk mengisi tentang pemesan berupa nama, alamat, no hp
4. Kemudian,
klik “selanjutnya” akan muncul layar jenis paketan ( regular dan kilat ) yang bias dipilih oleh pemesan yang sudah dilengkapi dengan tariff harga sekaligus memilih jenis aroma pewangi pakaian
5. Setelah selesai, maka klik “pesan” untuk melakukan pemesanan\
6. Maka,
anda telah melakukan pemesanan
Kelebihan
1. Konsumen bias menggunakan jasa kami secara online
melalui aplikasi
yang kami sediakan dan sudah diunduh oleh konsumen
2. Konsumen bias memilih paket laundry mana yang
akan dipilih
( paket biasa atau paket kilat )
3. Praktis
4. Menyediakan jasa antar-jemput
5. Dalam setiap satu mesin kami tidak mencapuradukkan pesanan artinya satu konsumen, satu mesin cuci
6. Harga terjangkau
Kekurangan
1. Membutuhkan tenaga kerja untuk antar-jemput
2. Membutuhkan kendaraan untuk antar-jemput
3. Aplikasi terkadang error karena kapasitas terbatas
Gambar
Aplikasi
BAB
III
PENUTUP
Strategi Pemasaran dari Usaha
Happy Laundry
Target
utama dari usaha kami adalah mahasiswa yang berada
di sekitar kawasan Universitas Telkom. Dan juga masyarakat sekitar yang berada di
sekitar kawasan Universitas Telkom.
Strategi pemasaran yang kami
lakukan adalah melalui brosur, broadcast, dan promo yang diadakan oleh pihak Happy Laundry.
Dengan melalui brosur, kami
menjelaskan jasa
kami melalui aplikasi dan menyarankan konsumen untuk mengunduh aplikasi tersebut dengan tujuan agar mempermudah konsumen dalam menggunakan jasa yang kami sediakan sehingga tidak harus datang langsung ke outlet kami
Dengan melalui broadcast,
kami memperkenalkan informasi mengenai usaha kami dengan harapan usaha kami ini oleh konsumen terutama mahasiswa melalui akuns osial media seperti
Line kami yaitu @HappyLaundryTelU
Dengan melalui promo, kami
menyediakan promo yang hanya disediakan
di website resmi artinya konsumen hanya bias mendapatkan promo
melalui pemesanan website bukan dari pemesanan langsung
Referensi
Tabel pembagian kerja
Nama
|
NIM
|
Tugas
|
Afi Rohmina
|
1501152364
|
Bagian pendahuluan,
cover, daftar isi
|
Dane Dea Ganesha
|
1501150265
|
Bagian pendahuulan,
Bagian isi ( cara pemesanan
), Bagian penutup
|
Kansha Clarita
|
1501150202
|
Bagian pendahuluan,
Bagian isi ( kelebihan ) Bagian penutup
|
Regina Mesayu
|
1501154397
|
Bagian pedahuluan,
Bagian isi ( kekurangan ) Bagian penutup
|
Tari Atsiilah
|
1550150238
|
Bagian pendahuluan,
bagian isi ( latarbelakang ), logo, tampilan aplikasi
|






Ide untuk bisnis ini menurut saya konsepnya menarik :)
BalasHapusTerimakasih ya, semoga ide bisnis ini dapat terlaksana. aamiin :D
Hapus