Minggu, 24 April 2016

Tugas Pengantar Aplikasi Komputer Pertemuan ke-2



HAPPY LOUNDRY






Disusun oleh:
1.     Afi Rohmina
2.     Kansha Clarita
3.     Dane Dea
4.     Regina Mesayu
5.     Tari Atsiilah



2016









Daftar Isi

BAB I Pendahuluan   .............................................................................................    3
            E-Business      ............................................................................................    3
            E-Commerce   ............................................................................................    5
BAB II ISI                 .............................................................................................     8
BAB III Penutup        .............................................................................................   11















BAB I
PENDAHULUAN

E-BUSINESS
Pengertian E-Business
E-Business  adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh produsen ke konsumen dengan memanfaatkan teknologi seperti komputer.
Kelebihan E-Business
1.      Biaya operasionalnya rendah
2.      Akses lebih mudah
3.      Jangkauan kepada konsumen lebih lebar
4.      Menghemat waktu
5.      Memperluas pasar
6.      Meningkatkan loyalitas dengan konsumen
7.      Tepat sasaran
Kekurangan E-Business
1.      Tidak ada pertemuan langsung dengan konsumen
2.      Resiko penipuan lebih besar
3.      Adanya kerugian yang tidak terduga
Jenis – jenis E-Business
1.      Business to business
Adalah hubungan dagang antara pelaku usaha bisnis yang satu dengan  yang lainnya
2.      Business to consumer adalah hubungan dagang antara pelaku usaha bisnis dengan consumer
3.      Consumer to consumer
Adalah hubungan dagang yang dilakukan antar konsumen
4.      Consumer to business
Adalah hubungan dagang yang dilakukan oleh konsumen dengan pelaku bisnis
5.      Intrabusiness to business
Adalah hubungan dagang yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi dengan ruang lingkup intranet
Peranan E-Business
1.      Untuk memudahkan cara berkomunikasi. Salah satu contohnyas eperti e-mail
2.   Memberikan pengetahuan dan sumber informasi, artinya semakin banyak informasi yang didapatkan semakin luas pengetahuan yang otomatis bisnis pun akan lebih berkembang
3.   Manajemen data, adanya arsip dan dokumen yang disimpan oleh perusahaan yang dapat diakses oleh karyawan
4.     Sistem informasi manajemen, digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan laba atas investasi
5.      Customer Relationship Management, merupakan interaksi yang dilakukan perusahaan terhadap pelanggan dan interaksi tersebut disimpan dalam CRM
6.      Aktivitas  bisnis yang dilakukan 24 jam


E-COMMERCE

Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan dagang yang dilakukan produsen ke konsumen seperti penjualan, pembelian, dan pemasaran yang dilakukan secara elektronik.
Kelebihan E-Commerce
1.      Biaya yang dikeluarkan rendah
2.      Mencari produk lebih cepat
3.      Menghemat waktu dan biaya perjalanan
4.      Melewati batasan geografis ( seluruh dunia )
5.      Informasi yang disediakan lebih banyak
6.      Adanya promo menarik seperti kupon diskon, ongkos kirim gratis, dan lainnya
7.      Adanya testimonial dari konsumen yang membeli produk tersebut
Kekurangan E-Commerce
1.      Penjelasan produk kurang
2.      Tampilan produk terkadang tidak sesuai saat produk diterima
3.      Terkadang, adanya barang palsu yang dijual kepada konsumen
4.      Mudah terjadinya penipuan
5.      Transaksi yang kurang aman
6.      Pengiriman barang yang tidak tepat waktu
Jenis – jenis E-Commerce
1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerjasama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembelian adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness (Intraorganizational) Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi E-Commerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
Peranan E-Commerce
1.      Untuk memudahkan dalam perdagangan terlebih jika perdagangan internasional
2.      Agar  menggunakan teknologi yang ada untuk system jual-beli baranng 


BAB II
ISI


Latar Belakang
Happy Laundry merupakan jalur bisnis di bidang jasayaitu laundry dengan konsep yang memberikan pelayanan cuci dan setrika per kilogram dimana sekarang ini sangat berkembang pesat.Target utama dari usaha yang kami jalani ini adalah mahasiswa. Happy Laundry dibuka pada 26 Februari 2016 di Jalan Sukapura daerah Telkom University. Kami menyediakan jenis paketan yang bias dipilih oleh konsumen dengan harga yang berbeda. Dan kami juga menyediakan aplikasi untuk memudahkan konsumen dengan fasilitas antar-jemput yang dipesan melalui aplikasi tersebut.

Penjelasan Aplikasi
1.      Home
Pada menu home kami memberikan berita-berita terbaru mengenai bisnis kami
2.      About
Pada menu about kami menjelaskan tentang latar belakang usaha yang kami jalani
3.      Promo
Pada menu promo kami memberikan penawaran yang kami sediakan
4.      Pemesanan
Pada menu pemesanan kami menjelaskan tentang cara pemesanan secara online kepada konsumen
5.      Profil
Pada menu profil terdapat profil dari pemilik akun yang sudah terdaftar sebagai anggota dari Happy Laundry. Jika belum memiliki akun maka harus mendaftar terlebih dahulu
6.      Kontak
Pada menu kontak kami memberikan alamat, nomor telepon dari pihak kami dengan tujuan agar konsumen dapat memberikan kritikdan saran dari usaha kami

Cara menjadi anggota
1.      Klik menu profil di bagian menu utama
2.      Kemudian, klik “mendaftar” jika belum menjadi anggota dan jika sudah menjadi anggota klik “masuk”
3.      Setelah klik mendaftar, akan tertera beberapa informasi yang kami perlukan seperti mengisi data diri ( nama, alamat, no telepon, dan sebagainya )
4.      Setelah selesai pengguna sudah terdaftar sebagai anggota

Cara masuk
1.      Klik menu profil pada bagian menu utama
2.      Kemudian, klik profil dan klik “masuk”
3.      Masukan username dan password pada awal pendaftaran ( registrasi )
4.      Klik masuk

Cara Pemesanan
1.      Pengguna aplikasi masuk ke akun aplikasi
2.      Jika ingin melakukan pemesanan jasa kami, klik tombol pemesanan
3.      Setelah itu, mucul layar untuk mengisi tentang pemesan berupa nama, alamat, no hp
4.      Kemudian, klik “selanjutnya” akan muncul layar jenis paketan ( regular dan kilat ) yang bias dipilih oleh pemesan yang sudah dilengkapi dengan tariff harga sekaligus memilih jenis aroma pewangi pakaian
5.      Setelah selesai, maka klik “pesan” untuk melakukan pemesanan\
6.      Maka, anda telah melakukan pemesanan

Kelebihan
1.      Konsumen bias menggunakan jasa kami secara online melalui aplikasi yang kami sediakan dan sudah diunduh oleh konsumen
2.      Konsumen bias memilih paket laundry mana yang akan dipilih ( paket biasa atau paket kilat )
3.      Praktis
4.      Menyediakan jasa antar-jemput
5.      Dalam setiap satu mesin kami tidak mencapuradukkan pesanan artinya satu konsumen, satu mesin cuci
6.      Harga terjangkau
Kekurangan
1.      Membutuhkan tenaga kerja untuk antar-jemput
2.      Membutuhkan kendaraan untuk antar-jemput
3.      Aplikasi terkadang error karena kapasitas terbatas
Gambar Aplikasi






















BAB III
PENUTUP

Strategi Pemasaran dari Usaha Happy Laundry
Target utama dari usaha kami adalah mahasiswa yang berada di sekitar kawasan Universitas Telkom. Dan juga masyarakat sekitar yang berada di sekitar kawasan Universitas  Telkom.
Strategi pemasaran yang kami lakukan adalah melalui brosur, broadcast, dan promo yang diadakan oleh pihak Happy Laundry.
Dengan melalui brosur, kami menjelaskan jasa kami melalui aplikasi dan menyarankan konsumen untuk mengunduh aplikasi tersebut dengan tujuan agar mempermudah konsumen dalam menggunakan jasa yang kami sediakan sehingga tidak harus datang langsung ke outlet kami
Dengan melalui broadcast, kami memperkenalkan informasi mengenai usaha kami dengan harapan usaha kami ini oleh konsumen terutama mahasiswa melalui akuns osial media seperti Line kami yaitu @HappyLaundryTelU
Dengan melalui promo, kami menyediakan promo yang hanya disediakan di website resmi artinya konsumen hanya bias mendapatkan promo melalui pemesanan website bukan dari pemesanan langsung










Referensi
















Tabel pembagian kerja

Nama
NIM
Tugas
Afi Rohmina
1501152364
Bagian pendahuluan, cover, daftar isi
Dane Dea Ganesha
1501150265
Bagian pendahuulan, Bagian isi ( cara pemesanan ), Bagian penutup
Kansha Clarita
1501150202
Bagian pendahuluan, Bagian isi ( kelebihan ) Bagian penutup
Regina Mesayu
1501154397
Bagian pedahuluan, Bagian isi ( kekurangan ) Bagian penutup
Tari Atsiilah
1550150238
Bagian pendahuluan, bagian isi ( latarbelakang ), logo, tampilan aplikasi


2 komentar:

  1. Ide untuk bisnis ini menurut saya konsepnya menarik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya, semoga ide bisnis ini dapat terlaksana. aamiin :D

      Hapus